BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS

Jumat, 25 Desember 2009

Menjadi GURU

Sudah denger berita di TV yang cukup menggemparkan belakangan ini adalah GURU MENCABULI MURID. Sungguh suatu hal yang sangat memalukan dan merusak citra guru sebagai yang 'digugu dan ditiru'.

Saya pikir, semua ini berawal dari adanya suatu persepsi yang salah dari para guru bahwa 'tugas guru' hanyalah 'mengajar'. Mengajar tidak bisa disamakan dengan mendidik. Mengajar hanya melibatkan proses penyampaian ilmu dan bukan penyampaian nilai-nilai kehidupan.

Ketika mengajar hanya menjadi tugas utama seorang guru, maka nilai-nilai kehidupan yang baik tidak boleh ditinggalkan. Ketika guru sudah mengajar..habislah sudah tugas guru. Permasalahan mau merokok, tawuran, bolos, sudah bukan menjadi ranah guru lagi. Apakah memang harus seperti ini?

Menjadi guru adalah pekerjaan yang sangat susah sekali, selain harus bisa memberikan ilmu, juga harus bisa menjadi teladan yang baik. Apa yang kita lakukan akan menjadi contoh buat anak didik kita. Tak salah kiranya kalau ada anak SD yang merokok, karena gurunya juga merokok. Sekarang apa yang harus kita lakukan dengan diri kita (seandainya menjadi guru)? cuma mengajarkah? atau mengajar dan mendidik juga? semua terserah pada anda.

Ada sebuah pantun : Guru kencing berdiri, murid kencing berlari.......

Tidak ada komentar:

Posting Komentar